Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan
Ramai sudah diperbincangkan mengenai eksistensi knalpot racing yang sudah lama menjadi kontroversi. Di satu sisi, suara knalpot racing memang bising dan cenderung mengganggu rider lain bahkan orang2 di dalam rumah pun (yg terletak di pinggir jalan) merasakan gangguannya. Mungkin mereka akan senang jika ada razia knalpot racing. Di sisi yang lain justru sebaliknya, sangat mendukung penggunaan knalpot racing, karena menggunakannya dapat meningkatkan performa engine. Dan mereka akan protes, “Jika memang knalpot racing dilarang, kenapa pabriknya masih boleh buka?”
Ya sudahlah, kita ambil jalan tengahnya, tetep pake knalpot racing, tenaga meningkat, tapi nggak bising. Gimana caranya ?
Caranya gampang sekali, karena yang menentukan performa paling signifikan bukan di silencer-nya, tapi pada konstruksi pipa header-nya.
Oleh karena itu bagi yang sudah punya knalpot racing, pipa header-nya masih bisa dipakai, hanya saja perlu malakukan konstruksi ulang buat silencer-nya. Lalu seperti apa konstruksi silencernya ?
Nah bagi yang ingin performanya tetep ok, seperti halnya penggunaan knalpot racing umumnya, tapi suaranya ingin lebih adem, minta bikinin ke tukan knalpot silencer model terakhir, yaitu yang seperti ini.
Karena dengan model seperti ini aliran gas-buang tidak ada hambatan sedangkan gelombang suara mengalami peredaman dengan medtode sound cancellation.
Dalam gambar di atas terlihat bahwa saat masuk aliran gas bersama gelombang suara mengalir dalam jumlah besar. Setelah melewati muffler, aliran gas buang tetap besar, sedangkan gelombang usaranya sangat minim, jadi tidak mengganggu performa engine, sementara suara yang dihasilkan minim. Hal in berkat teknik sound cacellation yang diterapkan dalam konstruksi mufflernya, yang mana metode ini dapat dengan sederhana dijelaskan dalam gambar ini.
Jika bentuk muffler seperti gambar di atas tidak cocok untuk motor, maka bisa juga menggunakan konstruksi muffler dengan suara adem seperti ini.
Muffler jenis ini memiliki sekat untuk membentuk gelombang pantul yang kemudian akan dijumlahkan pada pangkal mufflernya (Point of muffler cancellation). Atau yang seperti ini.
Muffler ini memuliki saringan udara yang berbentuk khas, yang mana mampu menyalurkan gas buang dengan lancar, sekaligus membentuk sound camcellation. Bentuk dari saringannya seperti gambar di bawah ini, dan ini sangat mungkin untuk diaplikasikan dalam muffler knalpot racing kita.
Jadi cara mensiasati agar nggak ketilang polisi adalah, menggunakan pipe header (pipa) racing, casing muffler standar, diisi dengan lapisan glass wool dan diberi saringan laminar flow seperti dia atas (minta buatin di bengkel knalpot). Atau langsung aja beli aja ke yang punya merek.
Sampai disini artikel mengenai silencer ini, semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar